Strategi dan Kebijakan

Rencana Strategis dan Program Kerja Kopdit Buana Endah
Periode Tahun 2014-2016

1 Terselenggaranya pengelolaan tertib administrasi 1.1 Meningkatkan Tertib Administrasi 1.1.1 Menganalisa beban kerja Manajemen √  
        1.1.2 Merevisi job description  √  
        1.1.3 Merancang Mekanisme kerja staf kantor (Standar Operasional Prosedur) √  
        1.1.4 Menata Sistem Pengarsipan √  
        1.1.5 Pengadaan Papan Struktur Organisasi √  
        1.1.6 Membuat instrumen Penilaian Kinerja Manajemen dan staf kantor √ √ √
        1.1.7 Supervisi √ √ √
        1.1.8 Monitoring dan Evaluasi ( Monev ) √ √ √
        1.19 Membuat Kartu Tanda Anggota ( KTA )   
              
2 Terlaksananya fungsi-fungsi manajemen secara baik
        2.1 Meningkatkan Kompetensi Pengurus, Pengawas dan Manajemen
        2.1.1 Pelatihan Pengurus Pengawas  √ √ √     
              
3 Terlaksananya Pengelolaan Keuangan yang Akuntable 3.1 Menyelenggarakan sistem pengelolaan keuangan yang transparan 3.1.1 Membuat Laporan Keuangan secara berkala √ √ √
        3.1.2 Melaksanakan audit internal √ √ √
        3.1.3 Membuat berita acara Laporan pemeriksaan Pengawas √ √ √
        3.1.4 Sosialisasi aturan / Panduan Keuangan dan Pola Kebijakan koperasi/pengurus √ √ √
        3.1.5 Melaksanakan audit eksternal √ √ √
 

           
4 Penyebaran Informasi penting berkaitan dengan hasil kegiatan dan rencana melalui berbagai
media 4.1 Menyelenggarakan sistem informasi Koperasi yang cepat dan berkesinambungan 4.1.1 Penerbitan Warta Kopdit   
        4.1.2 Membuat Brosur / Pamflet/Poster yang menarik   
        4.1.3 Membuat Website  √ √
        4.1.4 Penerbitan Info Kopdit  √ √
        4.1.5 Melengkapi / Menginput Database Anggota √ √ √
        4.1.6 Revisi Buku Saku Anggota   
        4.1.7 Membuat Papan Informasi  √ √
              
5 Tingkat Pertumbuhan Anggota minimal 15 % per tahun 5.1. Secara aktif memperkenalkan Kopdit Buana Endahkepada instansi instansi yang bergerak dalam bidang pelayanan / maupun kelompok / masyarakat sekitar 5.1.1 Presentasi untuk guru / karyawan sekolah, Instansi dan Masyarakat √ √ √
        5.1.2
Menyebar Brosur
 √ √ √
        5.1.3 Memasang Iklan di Website   
        5.1.4 Pasang iklan di Facebook   
    5.2 Membangun Kepercayaan anggota 5.2.1 Pelayanan yang cepat dan Smart √ √ √
              
6 Siswa baru di sekolah - sekolah YDI dan Buana Mekar menjadi
"anggota khusus" minimal 25% 6.1. Melaksanakan Promosi pada
calon Orang tua  siswa 6.1.1 Kerjasama dengan pimpinan sekolah dalam rangka promosi CU √ √ √
        6.1.2. Presentasi pada orang tua siswa baru (TK, SD,SMP , SMA) dan siswa baru                          √ √ √
        6.1.3. Memberikan brosur atau poster ( majalah dinding)  √ √
        6.1.4. Ikut terlibat dalam kegiatan siswa yang dapat menjadi ajang promosi. √ √ √
              
7 Pertumbuhan Total Asset mencapai rata-rata
25 % per tahun 7.1 Membuka berbagai jenis simpanan
dengan insentif yang menarik 7.1.1. Meluncurkan produk Deposito berjangka dengan imbal jasa menarik dipromosikan secara terus menerus   
        7.1.2. Menggalahkan / Promosi Tabungan TAHATU secara terus menerus  √ √
              
    7.2. Memotivasi  anggota untuk selalu meningatkan jumlah tabungan 7.2.1. Memberikan deviden dengan bunga yang menarik √ √ √
        7.2.2. Mengadakan undian berhadiah   
        7.2.3. Mengadakan seminar pengelolaan keuangan keluarga   
8 Deviden yang dibagikan kepada anggota di atas Inflasi 8.1. Melakukan Efisiensi Operasional 8.1.1. Pelaksanaan pembelanjaan berdasarkan RAPB-KOP   
    8.2 Melakukan diversifikasi usaha 8.2.1 Memfasilitasi pembelian barang kebutuhan anggota secara kredit  √ √
    8.3 Mengupayakan manfaat-manfaat
lain yang dapat dinikmati anggota 8.3.1   √ √
        8.3.2. Pemanfaatan Kartu Anggota   
    8.4. Memperkecil resiko pinjaman 8.4.1 Kerjasama dengan Notaris  √ √
        8.4.2. Penerapan Agunan sesuai dengan ketentuan √ √ √
        8.4.3. Daperma √ √ √
              
9 Anggota sudah dapat  mengakses data melalui media Internet akhir tahun 2015 9.1. Mempersiapkan perangkat pendukung yang diperlukan 9.1.1. Penambahan perangkat Komputer Program Sikopdit CS √ √ √
    .   9.1.2. Pemasangan Jaringan Internet  √ √
    9.2. Mempersiapan SDM yang
Kompeten di bidang penagihan 9.2.1. Perekruitan dan Pelatihan tenaga penagihan   
              
10 Terlaksananya Regenerasi kepengurusan dengan
personil yang kompeten dan komitmen tinggi 11.1. Membangun spirit berkoperasi 11.1.1. Mengikutkan kader-kader dalam forum sharring pengurus antar koperasi kredit   
        11.1.2. Mengikutsertakan kader-kader dalam kegiatan koperasi ( Koperasi  )   
    11.2. Mempersiapkan kader-kader pengurus
dan pengawas 11.2.1 Mengikuti Pelatihan calon Pengurus dan Pengawas   
        11.2.2. Merevisi tata cara pemilihan pengurus dan pengawas serta mensosialisasikan   
              
11 Minimal 10 % anggota mengikuti pelatihan
Pendidikan Koperasi 12.1. Menyeleggarakan pelatihan  12.1.1 Pelatihan Pendidikan pra calon Anggota Koperasi   
12
              
 Terlaksananya diversifikasi Simpanan dan
Pinjaman 13.1. Membuka Produk baru untuk Simpanan dan Pinjaman 13.1.1. Membuka Simpanan Tahatu   
        13.1.2. Membuka Simpanan Hari Raya  √ √
        13.1.3. Membuka Pinjaman Pendidikan √ √ √
        13.1.4. Membuka Pinjaman Perumahan  √ √
        13.1.5.    
13             
  Kenaikan Modal Sendiri mencapai rata-rata
25 % per tahun 14.1. Memperbesar Modal  Sendiri 14.1.1. Membuka Simpanan Wajib Khusus   √
       14.1.2. Meningkatkan besarnya kapitalisasi pinjaman   √